Polda Metro: Hindari JPO Polda Metro Jaya karena akan ada pembongkaran

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Jenderal Sudirman karena revitalisasi Jembatan Penyebrangan Orang ( JPO) Polda pada 2 dan 7 Desember 2018.

Pengerjaan tersebut masuk dalam proyek revitalisasi JPO yang dilakuan oleh Pemprov DKI Jakarta. “Akan dilakukan pembongkaran Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Polda yang lama dan pemasangan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Polda yang baru,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Sigit Wijatmoko, dalam keterangannya, Jumat (30/11/2018).

Adapun rekayasa lalu lintas dilakukan sesuai tahap pengerjaan pada dua sisi JPO Polda. Pertama, pada sisi timur JPO Polda akan dilakukan pembongkaran gelagar JPO eksisting pada Minggu (2/12/2018) pukul 23.00 – 04.30 WIB dan pemasangan gelagar JPO baru dilakukan pada Kamis (6/12/2018) pukul 23.00 – 04.30 WIB.

Rekayasa yang dilakukan pada pengerjaan sisi timur JPO Polda dimulai dari lalu lintas dari arah barat (Slipi), arah utara (Harmoni) dan arah timur (Kuningan) yang akan menuju selatan (Senayan). Lalu lintas tersebut dialihkan melalui Jalan Jenderal Gatot Subroto – berputar balik ke kawasan SCBD atau melalui Jalan Gerbang Pemuda dan seterusnya.

“Sedangkan lalu lintas dari arah Barat (Slipi) dan utara (Harmoni) yang akan ke arah Barat (Slipi) masih dapat berputar di kupingan Semanggi,” katanya. Kedua, sisi barat JPO Polda akan dilakukan pemasangan gelarag JPO baru pada Jumat (7/12/2018) pukul 23.00 – 04.30 WIB.

Adapun pengalihan yang dilakukan yaitu lalu lintas dari arah selatan (Blok M) yang akan menuju utara (Harmoni) atau barat (Slipi) dialihkan melalui Jalan Pintu Gelora 1 – Jalan Asia Afrika – Jalan Gerbang Pemuda – Jalan Gatot Subroto – Semanggi – Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya.

Sementara itu, pengerjaan revitalisasi JPO di Jalan Jenderal Sudirman dilaksanakan oleh PT. APIK. Sehingga mereka bertanggung jawab sepenuhnya terhadap keselamantan dan keamanan pengguna jalan (motorized dan unmotorized) di lokasi pelaksanaan pembangunan.

“Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tutup Sigit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.comĀ engan judul “Revitalisasi JPO Polda, Rekayasa Lalin Diberlakukan di Sudirman Minggu Malam”, https://megapolitan.kompas.com/read/2018/12/01/11333381/revitalisasi-jpo-polda-rekayasa-lalin-diberlakukan-di-sudirman-minggu

Penulis : Rima Wahyuningrum

Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini

Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini
Video Pilihan