Sri Mulyani: Tumbuhnya perusahaan digital membuka kesempatan buat pengusaha perempuan

KONTAN.CO.ID – BUENOS ARIES. ‘Empat unicorn’ telah berhasil mentransformasi ekonomi dan membuka akses kepada pengusaha termasuk perempuan.

Ini sejalan dengan era ekonomi digital yang telah meningkatkan literasi keuangan dan literasi digital khususnya untuk perempuan di Indonesia. Pengusaha yang tak memiliki akses, saat ini mudah terhubung dengan pasar.

“Adanya perusahaan ‘unicorn’ di Indonesia telah memudahkan perempuan untuk bisa menjalankan dua hal yaitu menjaga keluarga dan mencari uang dalam waktu yang sama. Salah satu efek positif perubahan teknologi adalah meningkatnya inklusi keuangan untuk perempuan,” ujar Sri Mulyani, Menteri Keuangan melalui keterangannya, Kamis (29/11).

Menurut Sri Mulyani, peningkatan inklusi keuangan perempuan akan meningkatkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan, dan menjembatani kesenjangan yang sering menjadi permasalahan negara berkembang.

Dalam perkembangan teknologi, Sri Mulyani juga menyampaikan adanya tantangan untuk meningkatkan inklusi digital bagi perempuan.

Kemampuan literasi digital yang lebih rendah, kurangnya jaminan untuk mendapatkan pembiayaan lembaga keuangan formal, dan lebih nyaman dengan sektor informal merupakan tantangan dari sisi permintaan.

Dari sisi penawaran, perempuan menghadapi kendala yaitu masih adanya kesenjangan informasi dan infrastruktur teknologi khususnya di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang bisa dioptimalkan oleh perempuan, dan kurangnya variasi jenis pembiayaan untuk menjangkau perempuan belum bankable.

Reporter: Benedicta Prima
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan